Sunday, April 20, 2008

Kebaya

AKu dah tertarik ama namanya kebaya sejak aku kecil. Duluuu banget waktu aku masih kecil umur 4 atau 5 tahun gitu, aku tinggal di rumah Mbah Rayiku (putri), kebetulan sejak aku melek nalar, aku selalu ngliat kalau mbah Yayi *anak kecil nggak bisa ngomong R* make kebaya ama jarik (kain batik). Bukan kebaya encim, atau kebaya brokat kaya yang lagi ngetrend sekarang, tapi kebaya pakai kutubaru.
Balik lagi waktu aku umur 4 atau 5 tahun itu si mbah bongkar lemari pakaiannya, nemu kebaya brokat warna biru gelap (yang sampai sekarangpun aku merasa kebaya itu bagus banget), mungkin kebaya yang dipakai di acara khusus. Abis itu aku nangis, minta kebaya itu, apalagi aku nglihat Mbak Tatik (sebenarnya dia itu adik bapakku, tapi aku biasa manggil Mbak dari kecil) lagi heboh njahit kebaya buat kartinian *Jadul kalau kartinian pakei kebaya kan*.
Akhirnya itu kebaya *nyang biru* ama mbah dikecilin seukuran aku. Dan kemudian aku didandani pakai jarik sama embah. Dan instead jalan kalem kaya putri Solo, aku malah petakilan nggak karuan, lari ke sana ke mari di luar rumah, manggil manggil teman temanku *Hallo atik, hallo Nunik* pamer kebaya....

Terus pas udah nikah, kebetulan si papa ditempatin di Medan, banyaaaaak banget acara acara yang melibatkan keluarga (istri) belom lagi kondangan kondangan. Jadi aku dah biasa ama namanya kebaya ini, soalnya sebenarnya aku pengin pakai gaun gaun, tapi lama lama kebawa juga ama ibu ibu yang suka pada pakai kebaya, udah gitu kok ngliat mereka pakai kebaya, cakep cakep. Kebayanya juga keren keren, mulai kebaya encim, atau kebaya dari bahan set set an , sampai kebaya modern yang dimodifikasi ama kain songket palembang yang muahaal banget.

Mulai sejak itulah aku hunting penjahit kebaya yang enak, mulai dari rekomendasi ibu ibu komplek *dimana aku nggak pernah puas, kalau njahitin gatot mulu, padahal kain mahal, belum lagi ongkosnya*, terus nemu modeste yang jadi langganan ibu ibu pejabat di belakang medan plaza, tapi ongkosnya naiknya kaya pakai lift, kenceng. terus nemu penjahit di pasar petisah, ini enak dipakainya, pas, tapi kelemahannya bener benr fatal dia nggak bisa bikin kerah lain selain setengah lingkaran yang mbleber mulu.

Justru menjelang pindah ke Jakarta dapet penjahit yang bagus, rekomendasi dari teman temen perempuan suamiku di kantornya, cuma Modeste ini jauh banget jarak 1 jam dari Medan ke arah Aceh, Binjai. Rame banget, walaupun gitu karena pegawainya banyak dia profesional banget. Hasilnya enak banget kaya yang tak penginin. Soal harga sesuailah ama kualitasnya. Cuma sayang aku baru sempet jahitin 2 stel ama Longtorsonya ,terus harus ngabur ke Jakarta buat persiapan sebelum berangkat ke sini.

Makanya dari sini uda nyari nyari tempat jahit kebaya yang bagus tapi terjangkau di daerah Jakarta. Buat jaga jaga..

Kenapa ya rasanya seneng gitu kalau ngliat kebaya kebaya yang keren. Udah gitu enak banget dipakainya. Kayanya badan gimanapun kok kelihatan sexy ya....
.
(Gambar diambil dari koleksi disainer Adjie Notonegoro)

11 comments:

Ema Istianasari said...

Hai...ga sengaja nih "blog" ini
kapan2 mampir ya ke www.ethnics.multiply.com ada kebaya cantiq2 hehehehe

makaciii

egyt said...

Halo mbak... Aku boleh dpt alamat or no telp penjahit kebaya yg bagus di medan? Kebetulan akhir thn ini adikq mau merit, n pengen bikin kebaya modern yg full aplikasi (spt anne av, luire). Kalau boleh email ke aku ya mbak esther_tambunan@yahoo.co.id
Thx b4

egyt said...

Mbak boleh tahu alamat or telp penjahit kebaya yg di medan? Soalnya akhir tahun ini adikku mau merit n pengen jahit kebaya modern, tp di medan blm tahu yang bisa jahit kebaya modern yg pake aplikasi (spt Anne Av or Luire?. Email aja ke esther_tambunan@yahoo.co.id
Thanks ya mbak

Emma Bangun said...

Halo mbak, salam kenal.
Boleh dong share alamat or no telpon yang bagus di medan. Kebetulan saya tahundepan mau menikah, jadi pengen bikin kebaya juga. Tolong email aku di soesuk@yahoo.com ya. Makasih.

m3i said...

Mba, boleh minta alamat atau no telepon penjahit kebaya yang oke di medan? kalau boleh, email aku ya mba : m.meilina@gmail.com. Makasih mba :)

Unknown said...

Mbak,minta alamat ama no hp penjahit yang dmedan la . .
Kirim kemail saya :triindah_to000mby@yahoo.com

Vina said...

Mbak, minta alamat dan No penjahit yang di Medan dong
Ke e-mail anggina25@gmail.com
Makasih ya mbak

Unknown said...

Mbak bisa minta alamat n no telp penjahit di medan? Email ke bia.syakdiah@gmail.com makasih ya mbak sebelumnya

Unknown said...

Mbak bisa minta alamat n no telp penjahit di medan? Email ke bia.syakdiah@gmail.com makasih ya mbak sebelumnya

Nova Annisah said...

Salam kenal mbk.. Blh mnta alamat dan no hp penjahit yg k arah binjai itu gak mbk? Tlg email k nova.annisah@gmail.com ya mbk,, trm ksh mbk :)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.