Sunday, April 20, 2008

Fenomena stroller (Pram) dan Asisten Rumah Tangga

Dari hari Jumat kemarin ampe Rabu Target diskon Semua keperluan bayi. Terus ngasi tau temen yang lagi hamil tua. Keterusan ngliat ngliat Stroller Bayi. Lucu lucu ya , kalau soal harga ya gitu lah.... tapi lumayannya ada diskon 25% * disini kalau diskon bener bener, bukan dinaikin dulu*.

(Jogger .Gambar diambil dari Baby Zone)

Sempet mbandingin ama harga stroller di toko online di Jakarta. Naksir stroller Elle, lucu. Tapi nggak tau kenapa ragu ragu banget kalau mau beli secara online di Indonesia, kok kayanya masih belum percaya ya. Mending beli langsung kali.
Si papa suka banget model Jogger (yang rodanya tiga, kaya Bajaj gitu, biasanya untuk ibu ibu yang ndorong anaknya sambil jogging) karena katanya rodanya yang gede gede cocok ama jalan jalan yang kurang bagus. Tapi kekurangannya rata rata bentuknya gede, jadi suka susah kalau dilipet dimasukin mobil yang kecil. Udah gitu pegangannya cuma satu arah, nggak bisa dibolak balik.

Kadang kadang karena udah pengin banget punya anak aku ama suamiku suka jereng kalau ngliat barang bayi yang lucu lucu *belum lagi baju ceweknya, lutunya nggak kuat*. Makanya waktu denger kalau adekku hamil lagi yang ketiga *ambil nafas panjang, nahan iri hati*. Kadang kadang suka ngrasa aku yang hamil, kalau ada sale kaya gini, terus jadi sok ibu hamil *asli biar becanda tapi peerih ya*.

Ngomongin stroller , jadi inget dulu waktu si Mase masih baru lahir beli, tapi jarang banget dipakai, karena dia nggak suka kalau ditaro di Stroller, udah kebiasaan gendong. Paling dipakai buat nyuapin aja . Akhirnya ditaro aja digudang, lama lama jadi karatan. Makanya waktu anak pertama masku lahir, dia mau minta stroller bekas Izzhar, nggak tega ngasinya, abis udah karatan.*Tunggu ya mas aku dah sedian stroller buat adiknya Ashfa*

Kenapa fenomena stroller di sini (di negara maju) benar benar sebuah kebutuhan yang sangat vital kalau punya anak, karena disini nggak kaya di Indo, yang mana kalau di Indo kalau beli Stroller seringnya nganggur, mending bayar Asisten atau Baby Sister (jelas dung lebih murah di Indo gajinya), Udah gitu di negara maju itu ditempat umum selalu di sediakan fasilitas bagi ibu dan anak anaknya yang baby atau Toddler, ada ruang menyusui, ada jalur khusus untuk ndorong Pram ata Stroller, ada tangga berjalan khusus untuk Troley belanja dan stroller, juga kursi roda (yang kaya di Carefoure gitu).
Coba aja lo belanja di ITC Manggadua ndorong stroller, pasti yang ada dapet 'puji pujian' dari orang orang sekitar dengan alasan sumpek.

Disini jujur aku salut banget ama ibu ibu rumah tangga disini, ndorong double stroller baik yang kembar atau tingkat isi 2 batita, padahal lagi hamil pergi buat njemput anaknya yang pulang sekolah, semua dikerjain sendiri. Mau punya maid (pembantu)? biar mereka mobilnya Boxer atau X 5 terbaru atau bahkan Porsche Cayne terbaru (rata rata mereka suka model jip besar), juga mikir mikir gajinya pembantu disini mahal banget, palingan juga bayar domestic cleaner 2 atau 3 kali seminggu buat bersih bersih rumah, nggak lebih. Apalagi orang orang bule itu menjunjung nilai kemanusian banget. Dengan cara seperti itu sejak anak anak mereka sudah terlatih mandiri. Udah gitu peran si suami atau ayah juga sangat besar dan saling mendukung.

Tapi jujur justru Si Asisten a.k. a si Mbak itu salah satu yang aku rindukan dari Indo. Sejak tinggal di luar negeri jadi ngerti gimana rasanya jadi Mbak yang ngerjain semuanya sendiri, jadi setuju banget ngganti istilah pembantu (karena kebanyakan mereka nggak sekedar mbantuin tapi udah nggantiin tugas kita, tul nggak?).
Jadi malu sendiri kalau inget lagi ngomelin si mbaknya dulu.

Yah kok jadi nglantur dari Stroller kok nyampe ke asisten...

No comments: