Sunday, April 27, 2008

Anzac Day dan Hari Pahlawan kita

Kemarin hari jumaat tanggal 25 Mei , disini dirayain Anzac Day. Semacam hari pahlawan . Tahun kemarin nggak sempet lihat Parade di City. Kemarin kita sengaja berangkat pagi buat nglihat parade di Quuen street yang dimulai jam 10 pagi.

Sebenernya parade itu sih biasa aja, nggak ada yang spesial, cuma barisan veteran yang mewakili ranting ranting wilayah tertentu dan veteran veteran angkatan angkatan yang berbeda beda dalam tugasnya di tempat yang berbeda beda pula di masa lalu. Tapi yang bikin spesial bukan karena parade itu diselingi oleh marching band atau kelompok kelompok pemuda yang juga ikut berpartisipasi, tetapi lebih pada semangat yang dijiwai oleh generasi yang sekarang, yang tidak pernah menghadadapi perang. Bagaiman generasi generasi mudanya, berjajar di sepanjang jalan, setiap veteran veteran (yang nggaak jarang dituntun atau naik kursi roda) itu lewat, aplause yang sangat luar biasa diberikan oleh para generasi muda ini terhadap orang orang tua yang diteladaninya.

Aku memandang raut wajah para penonton yang ada di pinggir jalan, ada yang terharu, bangga dan hampir semuanya menunjukkan sikap terima kasih terhadap para veteran tersebut. Tidak ada sedikitpun terdengar suara celaan atau hinaan.

Aku jadi teringat para veteran yang ada di negara kita. Kadang kasian aku melihat mereka, kalau yang sudah berpangkat tinggi waktu pensiun si nggak perlu dibahas. Saking tidak adanya apresiasi dari kita generasi mudanya (aku nggak bilang pemerintah lho), kadang kadang kalau kita nglihat kakek kakek yang tua memakai seragam tuanya dengan berbagai lencana di dadanya, kenapa yang terlihat pada kita cuma kebanggaan semu para kakek (baca veteran) itu atas masa lalunya. Mungkin juga karena kurangnya rasa penghormatan kita pada beliau beliau itu, dan tidak adanya penghargaan atau sikap terima kasih kita pada mereka kali yaa...


Maaf kalau salah

No comments: