Wednesday, September 2, 2009

'Kejeblos' Internet

Dunia cyber sudah banyak sekali memakan korban. Ada yang dikeluarkan dari tempat kerjanya karena surat elektronik yang ditulis dengan huruf kapital. Di Indonesia ada kasus Prita. Bahkan ada yang harus dikeluarkan dari tempat dia mengabdi bukan karena dia tidak kompeten tetapi karena kevokalan seseorang di dunia maya ini, sehingga menimbulkan tekanan dari pihak pihak yang secara politis dan ekonomi mempunyai kepentingan dengan perusahaannya.

Harus diakui, dunia internet memang benar benar dunia yang tanpa batas, artinya semua orang dari belahan dunia manapun bisa mengaksesnya,artinya lagi apa yang sudah tertulis dan tergambar disitu adalah sebuah buku besar yang terbuka, TIDAK ADA RAHASIA.

Fakta bahwa banyak sekali yang mengemukakan pendapat dan perasaan pribadinya tanpa terkendali atau keinginan untuk dikenal orang secara luas, kadang kadang mengaburkan etika dalam pergaulan. Dengan menunjukkan gambar gambar pribadi bisa berupa foto dan hasil karya seni, kadang kadang bisa menjadi bumerang bagi kita sendiri. Maunya mendapat pengakuan, tetapi yang didapat adalah pelecehan atau bahkan pembajakan karya cipta.

Karena pengguna internet ini bisa dibilang semua orang yang sudah bisa membaca dan menulis, kejadian dan kejahatan sangat sering terjadi di dunia ini. Misalnya Pedophilia yang mencari sasaran anak anak lewat chatting di internet, penipuan kartu kredit lewat perdagangan online, dsb.

Tapi harus diakui tujuan awal internet ini adalah untuk kebaikan, merentas jarak. Sehingga dunia jadi semakin dekat dan tanpa batas. Dan sumber informasi yang tidak bisa diremehkan lagi. Fakta bahwa penjualan media cetak semakin berkurang karena diimbangi oleh internet.
Bahkan trend yang terjadi sekarang adalah internet untuk menghasilkan uang, jadi tidak cuma cari hiburan, tapi juga menghasilkan toh. Salut untuk orang orang yang mempelopori ini semua.
We can live in 'this world', tapi bukan berarti menyingkirkan akal sehat. Karena bahagaimanapun kata Fetty Vera Yang Sedang Sedang Saja, itu memang yang paling pas, gunakan sesuai ukuran tidak berlebihan, ukurannya adalah norma norma pergaulan itu sendiri.

No comments: