Thursday, August 27, 2009

Suasana Puasa

Yang pasti ada saat buka puasa di keluarga kecilku adalah kelapa muda.Mau kelapa muda pakai cincau, pakai blewah, nata de coco, cinca dsb. Yang penting kelapa muda, khususnya air kelapa mudanya. Favoritku karena rasa airnya enak adalah kelapa muda bakar atau kelapa pandanwangi (yang kaya di Thailand).
Apalagi aku memang melarang soft drink. Walaupun kadang kadang, aku masih mau berbaik hati kepada suami dan anakku. Aku sendiri, emang tidak terlalu suka soft drink.

Karena aku kurang suka kolak dan bubur manis. Aku jarang sekali membuat takjil yang begituan, kecuali ada spesial order. Paling aku bela belain bikin kue sendiri. tetapi sejak di Indo,kayanya lebih praktis beli kali ya...sambil ngabuburit.

Sebisa mungkin kalau puasa aku mengurangi pemakain santan. Maklum semuanya termasuk anakku yang masih segitu, punya sejarah maag.Makanan rumahan adalah yang selalu kami masak di rumah. Kalau lagi pengin beda, baru buka di luar, dengan segala perlengkapan shalat lengkap.

Pernah tahun kemarin, bareng ama suami,anak dan si Lince, kita sengaja njemput si papa ke kantor, karena kita berniat buat buka di luar dan shalat maghrib di Istiqlal. Karena keburu buru, nggak kepikiran buat beli atau bawa makanan dan minuman buat batalin puasa. Jadi pada saat adzan maghrib kita sudah duduk di dalam masjid. Dan kita cuma bengong tanpa ada inisiatif, nglihat yang lainnya pada minum dan makan. Alhamdulillah,pas kita lagi nunggu papa yang lari lari keluar buat beli makanan kecil dan minuman, ada yang nawari pembatal puasa.

Puasa yang sekarang, si papa pulang lebih cepat, dari biasanya. Tapi emang suasana puasa itu benar benar mendekatkan hubungan kekeluargaan semua orang. Kalau dulu aku keluar rumah jam 2.30 sore, jalan masih terasa lengang. Tapi kalau bulan puasa, sudah ramai kendaraan yang mau pulang. Dan sepertinya puasa juga membuat ritme kerja semakin baik dan efisien, Banyak yang memilih bernagkat kerja lebih pagi, supaya bisa menikmati buka bersama keluarganya, akhirnya pekerjaan bisa dimulai lebih cepat.

Yah, semoga Ramadhan membawa segala berkah dan kebaikan bagi semuanya. Amin, amin , amin.

No comments: