Thursday, August 20, 2009

Tempat Makan Favorit

Ok, Let's talk about our favourite resto.
Sejak di Jakarta, kita punya beberapa tempat makan favorit, yang lumayan sering kita kunjungi, dengan alasan :
  1. Enak
  2. Tempatnya, entah dekat rumah, atau cosy
  3. Murah
Jadi tempat tempat yang akan aku bilang ini mungkin kategorinya menyangkut ketiga hal diatas, atau salah satunya saja. Dan itu juga berdasarkan selera dan kemampuan kami.
  1. Sego Kucing Fatmawati, suamiku suka sekali suasananya yang mengingatkan waktu kita masih kuliah. Selain karena emang, makanannya lumayan enak dan murah, dan yang paling spesial adalah minuman wedang secangnya yang dikasi perasaan jeruk manis (yang nggak tau kenapa semakin lama semakin kecil). Harga nasinya sekitar Rp.2500, ada 2 pilihan kering tempe dan bandeng (ok jangan terlalu imajinatif membayangkan besar bandengnya, jelas sesuai dengan harga).Ada banyak lauk dan gorengan disana. Waktu buka setelah jam 8 malem.
  2. Bakso Kota Cak Man. Yang ini franchise dari Malang, tapi sebagai penggemar bakso dan pernak pernik gorengan baksonya, aku suka .
  3. Mie Jawa Pak Ikhsan, di jalan Supomo/ Saharjo, seberang jalan Catur, dekat dengan lampu merah Pancoran, arah Manggarai, kanan jalan. Menunya Mie godhok/goreng. Nasi goreng magelangan, nasi goreng ayam. Rasanya menurutku pas banget, kuahnya nggak pakai perasa artifisial (MSG). Rasa Kaldunya pas. Harganya sekitar Rp. 12.500 per porsi. Selain karena kita suka rasanya, karena mngingatkan aku sama bakmi godhog waktu aku masih kecil, juga dekat banget sama rumah.
  4. Sushi Tei, yang ini nggak usah dibahas panjang lebar ya, entar terkesan sombong. Karena emang sushinya enak, sesuai ama cita rasa aslinya. Cuma memang agak berat di kantong, makanya kita nggak terlalu sering 'absen' kesini.
  5. Soto Kudus Blok M, Yang ini ada di tebet ama di jalan Wijaya. Nggak seenak dan seoriginal yang bisa aku ingat sih, tapi kami suka, apalagi almarhum bapak, karena seperti umumnya orang Jawa asli, bapak dan ibu lebih suka makanan berkuah dengan cita rasa yang ringan tapi segar. Yang paling aku suka adalah sate telur puyuhnya, jadi ingat masa kecil, ibuku selalu beli sate itu setiap hari buat aku.
  6. Seafood yang di jalan Wijaya, yang ini kaki lima (lupa namanya) pokoknya letaknya di depan portal, kanan jalan kalau dari arah tendean. Udang gorengnya enak, segar,jadi terasa manisnya. Bumbu kepitingnya juga enak, sayang nggak ada kepiting telornya, dan variasi menunya nggak banyak.
  7. Seafood di jalan Supomo/Saharjo (lupa lagi namanya) pokoknya deretan kaki lima yang ada nasi uduknya, seberang gang komplek keuangan. Murah, ca kangkungnya renyah walaupun bumbunya terasa terlalu ringan.
  8. Bakmi Golek, di jalan dewi Sartika. Soal rasa tidak terlalu istimewa, tapi tempat dan servisnya okeh. Harganya relatif murah dan terjangkau.
  9. Seafood Pangandaran, Boulevard Kelapa Gading. Muanteeeeb,kepiting telornya top. Harganya juga muanteeeb beratnya di kantong. Tapi worted banget. Kalau ini karena kita sering diajak adik iparku Deni dan Diana.
  10. Martabak Pacenongan. Enak banget, martabak bangkanya yang pakai topping pisang, wuiiiih lezat, biar udah semalam juga tetap lembut. Harganya memang diatas rata rata martabak lainnya.
  11. Bubur Kwangtung, di Pacenongan. Disini ada berbagai macam bubur dari mulai bubur kepiting, bubur ikan dsb. Udang mayonaisenya juga enak, udang krispinya juga, mostly semuanya enak.
  12. Nasi Ulam Bu Yoyo, yang ini korban iklan Kecap cap Bango. Tapi emang worth to try, makanan betawi yang emang enak. Cuma kita agak terganggu ama lokasinya yang nyempil di Karet pedurenan dan agak terkesan junk yard.Sekedar saran kalau kesana lebih baik naik motor. Aku nggak terlalu apal waktu bukanya, tapi yang jelas, dia nyedian sarapan juga. Yang pasti harus dicoba adalag Gepuknya, raph, hampir kaya abon, yang diikat. Nyam
  13. Gado gado Cemara, di jalan Wahid Hasyim. Kita kesini karena ibu mertuaku pengin bernostalgia. Tapi emang gado gadonya muanteep, bumbunya pas. Makanan yang lainnya juga enak. Ada juga Sup buntutnya.
  14. Bebek Ginyo,di Tebet (di kawasan Distro) seberangnya Daeng Tata. Pada dasarnya ada 3 jenis masakan bebek, goreng, bakar dan pepes daging bebek.Favoritku bebek cabe ijo. Bebeknya lembut, nggak keras, enaaaaaak banget.
  15. Burger Dejons, satu pemilik sama Ginyo, satu kawasan berjarak beberapa rumah. Ini favortinya anakku. Bener bener Burger, dengan harga dibawah McD, tapi kualitas jauuh diatasnya, rasanya juga enak.
  16. Bakmi Bangka Popeye, lt 1 atau 2 ya? ITC mangga dua,favorit hubby adalah mie ayam dan pek empeknya.Me like the tahu kok, izhhar selera sama ama papa. yang punya toko ini, agak aneh, dia baru buka jam 12 siang, dan buat informasi, pembelinya uda pada antri lho. Agak ribet kalo mau pesen, selain lama nunggu bangku kosongnya. Selain itu dia juga jual es lilin potong yang enak dan krupuk ikan, cumi udang dsb yang digoreng atau dibakar. Disebelahnya juga ada yang jual ayam goreng dan bakar yang enak.
  17. Rumah Makan Sederhana Bintaro.Cabangnya banyak, tapi kita paling sering ke tebet, karena yang terdekat.
  18. Cheesecake Factory Tebet. Ini terletak di kawasan tebet barat raya (CMIW), disitu banyak banget deretan tempat makan yang enak enak. Sering beli chessecakenya kalo lagi ada yang Ultah. Pizzanya juga lumayan. Mostly adalah makanan bule.
  19. Nasi Uduk Babe Saman Kebun Kacang. Diantara segitu banyak nasi uduk di sepanjang kebun kacang VIII, favorit kita adalah babe Saman, muanteep. Die justru masih berformat kaki lima di pasar apa ya? pokoknya di Kebun Kacang VIII.Ini juga langganan orang kantor hubby.
  20. Mie Ceker Bandung. Aku bukan noodle person, tapi aku suka benget mie yang ini, spesialnya cekernya yang lembut tapi nggak hancur, nyaaammm banget. Tempatnya di Tebet Barat Raya, sebelumnya Cheesecake factory kalau dari pasar tebet barat, deretan seberanngnya.
Untuk sementara itu dulu ya, kalau inget nanti ditambah.

No comments: